Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa datangnya bulan Ramadhan merupakan salah satu momen yang paling dinanti-nantikan oleh setiap umat Islam diseluruh dunia. Bagaimana tidak! sebab bulan Ramadhan ini adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan. Namun, ibadah puasa itu bukan hanya sekedar menahan rasa lapar dan haus saja. Ya, ada hal-hal lainnya juga yang bisa membatalkan ibadah puasamu lho. Hal-hal apa sajakah itu? Nah, biar kalian gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Makan dan Minum
Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa bulan puasa itu mengwajibkan kita untuk menahan rasa lapar dan haus. Apabila kita makan dan minum di waktu belum buka puasa, tentu saja hal tersebut dapat membatalkan ibadah puasa.

2. Bersetubuh di Siang Hari
Selain menahan rasa lapar dan haus, di bulan puasa juga mengwajibkan kita agar bisa menahan hawa nafsu termasuk nafsu birahi. Jika ada pasangan suami istri yang bersetubuh di siang hari, maka dipastikan bahwa ibadah puasanya itu batal total! Seperti yang disebutkanpada QS. Al-Baqarah:187 “Maka sekarang campurilah mereka (istri) dan carilah apa yang telah di tetapkan Allah untuk kalian, dan makan minumlah hingga jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa hingga datang malam”.

3. Mengeluarkan Air Mani Dengan Syahwat
Perlu kalian ketahui, bahwa mengeluarkan air mani termasuk kedalam syahwat. Seperti yang disabdakan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam “Berkumpulnya kalian dengan istri kalian adalah shadaqah”. Para sahabat pun bertanya “Wahai Rasulullah, apakah salah seorang dari kami ketika mendatangi syahwatnya lalu ia mendapat pahala?”

Nabi menjawab “Bagaimana pendapat kalian jika ia menempatkan syahwatnya pada tempat yang haram, bukankah ia mendapat dosa? Maka demikianlah, apabila ia menempatkan syahwatnya pada tempat yang halal maka ia mendapat pahala karenanya”. (HR. Muslim no. 1006). Namun, menurut pendapat kuat yang mengatakan bahwa madzi itu tidak membatalkan puasa meski keluar dengan syahwat dan cumbuan tanpa terjadinya hubungan badan.

4. Muntah Dengan Sengaja
Jika kamu muntah secara disengaja, tentu saja ibadah puasamu itu akan batal sehinga kamu harus meng-qadha di lain hari. Seperti yang disebutkan pada hadist dari Abu Hurairah “Barangsiapa yang muntah dengan sengaja, maka wajib mengqadha. Dan barangsiapa yang muntah tanpa sengaja maka tidak ada qadha baginya” (HR. Abu Dawud No. 2380 dan Tirmidzi no. 720).

5. Keluarnya Darah Dengan Bekam
Selain muntah dengan sengaja, ternyata mengeluarkan darah dengan cara bekam juga dapat membatalkan ibadah puasa kita lho. Hal itu juga telah diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW, “Orang yang membekam dan yang dibekam batal puasanya” (HR. Bukhari no. 1937 dan Tirmidzi no. 774).

6.  Mengeluarkan Darah Haid dan Nifas
Hal berikutnya yang bisa membatalkan puasa kita, yakni keluarnya darah haid dan nifas. Para ulama juga telah bersepakat, bahwa puasanya wanita yang sedang haid maupun nifas itu tidaklah sah. Begitu pun dalam hadist dari HR. Bukhari No. 304 dan Muslim no. 79 “Bukankah jika seorang wanita haidh maka ia tidak shalat dan tidak puasa”.

Itulah beberapa hal yang bisa membatalkan ibadah puasa, yang tentu saja wajib kamu hindari.

0 komentar:

Pilihan