Banyak yang bilang kalau lulus tes TOEFL adalah hal yang sulit, sehingga banyak yang tidak percaya diri dalam mengerjakan tes dan pesimis akan hasilnya. Meskipun banyak yang pandai berbicara dengan Bahasa Inggris, tetapi terkadang banyak pula dari mereka yang tidak terlalu pandai untuk mengerjakan grammar. Berikut ini tips tes TOEFL Reading Comprehensioan untuk yang tidak percaya diri.

Tips dan Trik Lalui Tes TOEFL Reading Comprehension

1. Membaca Teks Bacaan
Tips pertama adalah pada saat membaca teks bacaan yang tersedia di soal TOEFL. Sangat disarankan untuk tidak membaca teks bacaan terlalu lama karena dapat menghabiskan waktumu. 

Ketika membaca teks bacaan dan ternyata teks tersebut tidak sesuai dengan apa yang kamu pelajari, jangan panik terlebih dahulu. Lakukan previewing secara teliti terlebih dahulu untuk mengetahui topik bacaannya. Kemudian kamu juga harus memperhatikan kalimat pertama dari teks bacaan untuk mengetahui ide pokoknya. 

Pahami juga konteks yang ada di teks bacaan agar kamu mudah untuk mengetahui arti dari kata-kata tertentu dan kata-kata yang kemungkinan besar dapat membantumu menjawab pertanyaan. 

2. Pertanyaan
Kamu harus mengingat kata kunci yang terdapat dalam pertanyaan-pertanyaan yang telah tersedia. Kamu harus memperhatikan semua pertanyaan yang ada kemudian simpan kata-kata kunci. Hal ini dapat membantu kamu untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam tes. 

3. Konsentrasi Tinggi
Kamu memerlukan konsentrasi yang tinggi untuk menyelesaikan tes pada sesi Reading Comprehension. Sebab jika tidak berkonsentrasi secara penuh kamu tidak akan bisa menyelesaikan tes ini. 

Konsentrasi tidak hanya dibutuhkan pada saat membaca pertanyaan yang tercantum, tetapi pada saat membaca teks bacaan yang tersedia kamu juga memerlukan konsentrasi yang tinggi agar kamu bisa mengumpulkan fakta dan data dalam bacaan tersebut sehingga dengan mudah dapat menarik kesimpulan untuk mempermudah menjawab pertanyaannya. 

Jika dalam melakukan tips-tips tersebut masih membuatmu tidak percaya diri untuk mengikuti tes TOEFl karena faktor usia juga yang menyulitkan, maka kamu bisa mengikuti program EF Adults. Program ini dapat membantumu berlatih semua hal tentang tes TOEFL. 

0 komentar:

Pilihan