Memiliki luka yang sembuhnya lama menjadi hal yang buruk bagi orang-orang. Karena selain merasakan sakit, luka tersebut juga mengganggu aktivitas sehari-hari mereka. Luka lama sembuh ditandai dengan tidak sembuhnya luka dalam kurun waktu 12 minggu. Hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti :

Hal-hal Penyebab Luka Lama Sembuh

1. Diabetes
Diabetes merupakan kondisi dimana gula darah seseorang di atas rata-rata atau tinggi. Tingginya gula darah pada penderitanya mengakibatkan fungsi kekebalan tubuh menurun. Hal tersebut dapat mempermudah luka terinfeksi dan meningkatkan peradangan pada luka. Gunakan obat untuk mempercepat penyembuhan luka, agar luka cepat sembuh.

2. Usia Lanjut
Bagi pasien usia lanjut proses penyembuhan luka memang cenderung berjalan lebih lambat dari pada pasien biasa. Ini dikarenakan oleh faktor penuaan. Selain itu pada pasien lanjut usia atau lansia, sering kali tidak mendapatkan asupan gizi yang baik karena napsu untuk makan terganggu. Hal tersebut juga menjadikan proses penyembuhan luka menjadi lambat. 

3. Infeksi
Infeksi pada luka dapat membuat tubuh mengalihkan perlawanan. Sebelum terinfeksi, tubuh akan berupaya untuk menyembuhkan luka, akan tetapi saat luka sudah terinfeksi maka tubuh akan beralih memberikan perlawanan pada infeksi daripada menyembuhkan luka. Hal ini mengakibatkan terhambatnya proses penyembuhan pada luka. 

4. Gangguan suplai oksigen dan darah
Sirkulasi darah yang buruk dan suplai oksigen yang tidak mumpuni dapat mengakibatkan proses penyembuhan luka tidak berjalan lancar. Gangguan suplai oksigen dan sirkulasi pada darah juga menjadi penghambat bagi tubuh untuk menyembuhkan luka. Hal ini biasanya terjadi pada penderita diabetes dan penderita arteri perifer. Baca juga artikel tentang mengatasi sakit kepala gue sehat.

5. Kurang Istirahat
Istirahat adalah salah satu upaya untuk membuat tubuh rileks. Istirahat dapat dilakukan dengan cara tidur. Ketika tidur, tubuh akan menghasilkan berbagai macam hormon yang baik. Hormon tersebut berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia. 

Apabila Anda kurang istirahat, maka tubuh tidak akan menghasilkan hormon-hormon yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga akan berdampak pada proses penyembuhan luka. 

0 komentar:

Pilihan