Membeli mobil secara kredit ternyata bukan hanya bisa digunakan untuk mobil keluaran baru, bahkan sekarang ini mobil bekas yang harganya jauh lebih murah sudah di dapatkan dengan skema pembayaran secara kredit, tak ayal sekarang ini masyrakat Indonesia sudah banyak melirik kredit mobil bekas.

Sistem kredit mobil bekas tak berbeda dengan fasilitas cicilan lainnya. Simpelnya, Anda dapat memilih mobil bekas idaman, mencari lembaga keuangan pemberi kredit, membayar uang muka, lalu melakukan cicilan hingga lunas.

Dengan membeli mobil bekas dengan skema kredit pun dirasa mempunyai beberapa kelebihan, seperti harga mobil yang lebih murah sampai surat-surat kendaraan yang sudah siap tanpa harus lama menunggu.

Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang harus kalian pastikan, seperti:

1. Surat kelengkapan
Saat Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, pastikan Anda meminta bukti kelengkapan surat seperti BPKB, STNK dan buku service sebagai informasi dan rekam jejak mobil dari pemilik sebelumnya. Anda harus teliti dalam memperhatikan keaslian surat dan dokumen tersebut, karena ini akan memudahkan Anda dalam proses balik nama, menghindari dari pembelian mobil curian, dan sebagainya.

2. Tentukan jenis mobil yang mau diambil
Ini juga penting untuk dipertimbangkan lebih dahulu, jangan sampai jenis mobil yang diambil tidak sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Pilih mobil yang tahun produksinya belum terlalu lama. Karena usia mobil biasanya berpengaruh terhadap performanya.

Kalau kamu masih single dan mobil yang akan kamu beli digunakan sehari-hari, kamu bisa pilih mobil hatchback yang gak memerlukan ruang banyak. Tapi kalau mobil yang bakal dibeli buat digunakan keluarga sekaligus dipakai usaha, kamu bisa pilih mobil Multi Purpose Vehicle (MPV). Mobil jenis ini biasanya bisa angkut muatan lebih banyak dengan kabin yang lebih luas.

3. Pastikan Keuangan Sehat
Buat kamu yang ngebet pengin ngambil kredit mobil bekas, alangkah baiknya cek dulu kondisi keuangan kamu. Kalau udah punya hitungan matang, kamu bakal lebih siap dalam mencicil tiap bulannya. Hitungan yang paling mudah untuk menentukan keuangan kamu sehat atau tidak adalah dengan menghitung jumlah penghasilan kamu setiap bulan, kemudian kalian hanya boleh mempunyai cicilan tidak boleh dari 30 persen dari jumlah seluruh penghasilan bulanan kamu.

4. Pastikan kondisi mobil
Yang namanya mobil bekas, pastinya mempunyai beberapa kekurangan atau kerusakan, untuk itu wajib hukumnya untuk memeriksa secara keseluruhan kondisi mobil yang akan diambil. Ini berguna untuk meminimalisir biaya tambahan yang mungkin akan terjadi di kemudian hari, kalo saja ada kerusakan. Membawa tenaga ahli untuk mengecek keadaaan mobil bisa menjadi salah satu pilihan apabila anda tidak terlalu mengerti tentang mobil. Dan yang terakhir

5. Jangka Waktu Kredit & Suku Bunga
Jangka waktu kredit perlu untuk diperhitungkan dengan matang, karena akan mempengaruhi besarnya cicilan setiap bulan. Ada yang menawarkan jangka waktu 1 tahun, 3 tahun bahkan 5 tahun. Namun sebaiknya pilihlah yang jangka waktunya tidak terlalu singkat karena cicilan sudah pasti lebih besar. Hindari juga jangka waktu terlalu lama karena Anda juga akan mengeluarkan uang lebih banyak karena suku bunga yang dikenakan. Idealnya jangka waktu 3 tahun cocok untuk dipilih agar dapat meminimalisir kerugian yang ditimbulkan.

Suku bunga juga turut diperhitungkan karena ini juga berpengaruh terhadap besarnya cicilan mobil. Bunga cicilan kredit mobil baru sebenarnya lebih murah yakni 3% per tahun, dibandingkan dengan kredit mobil bekas yang bunganya bisa mencapai 9% pertahun. Namun biasanya perusahaan yang baik dan mapan keuangannya akan menetapkan suku bunga yang lebih rendah sehingga cicilan Anda bisa lebih ringan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli mobil bekas dengan skema pembayaran kredit. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mebantu.

0 komentar:

Pilihan