Mengatasi batuk pada bayi dapat dilakukan melalui berbagai cara, mulai dari pemberian obat batuk, penggunaan bahan tradisional dan melakukan tindakan lainnya yang bisa meredakan batuk anak. Sedih rasanya jika melihat sang buah hati sedang batuk yang mengganggu. Cara berikut ini bisa menjadi solusi bagi Anda.

1. Memenuhi Cairan Tubuh
Dahak atau lendir yang menyebabkan batuk bisa diencerkan dengan bantuan cairan yang masuk dalam tubuh. Anda bisa memberikan air mineral atau bisa memberikan ASI karena pada usia ini, ASI menjadi asupan nutrisi dan cairan yang baik untuk kesehatan bayi sekaligus mampu membantu tubuh melawan infeksi penyebab batuk.

ASI juga mengandung nutrisi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Namun, jika anak Anda sudah cukup besar atau sudah bisa mengonsumsi makanan dan minuman lainnya, maka Anda bisa memberikan teh hangat dengan sesendok madu dan lemon untuk meringankan batuk yang dideritanya. 

2. Uap Panas
Jika cara di atas belum juga membuahkan hasil, Anda bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan uap panas. Gunakan air hangat saat bayi mandi karena uap panas ini mampu membantu memecah dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Untuk hasil lebih maksimal, Anda bisa menambahkan kamper, menthol atau kayu putih. 

Apabila bayi juga mengalami demam atau panas yang tidak memungkinkannya untuk mandi, maka Anda bisa menyiapkan air panas yang sudah dicampur beberapa bahan, seperti kayu putih, kamper dan menthol. Uap panas yang dihasilkan kemudian dihirup oleh bayi agar bisa mengatasi dahak atau batuk yang sedang dialaminya. 

3. Waktu Istirahat yang Cukup
Batuk yang dialami si kecil membuatnya tidak bisa beristirahat dengan nyaman, gelisah, dan menghilangkan nafsu makan. Meskipun demikian, pastikan jika bayi Anda mendapatkan istirahat yang cukup sehingga kondisi kesehatan menjadi lebih prima dan kekebalan tubuh pun bisa kembali fit.

Apabila bayi bisa tidur hanya dengan digendong, maka Anda bisa bergantian dengan sang suami untuk menggendong si kecil. Biasanya, bayi akan lebih nyenyak tidurnya jika digendong oleh sang ibu sehingga mereka bisa tertidur dalam waktu yang lama. Namun, jika bayi tenang saat tidur diranjang, maka Anda hanya perlu menunggunya. 

4. Memberikan Sedikit Madu
Cara untuk mengatasi batuk pada bayi yang selanjutnya adalah memberikan sedikit madu. Kandungan antibakteri dan antioksidannya baik untuk kesehatan dan menjaga sistem imun tubuh melalui vitamin C yang terkandung pula. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang tua memberikan madu untuk mengatasi batuk.

Aturan memberikannya adalah sekitar 1/2 sendok teh madu sebelum tidur. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah usia bayi karena pemberian madu hanya boleh dilakukan apabila bayi sudah berusia satu tahun ke atas. Anda juga bisa menambahkan madu ke dalam makanan atau minuman yaang disukai oleh bayi.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi batuk pada bayi dengan mudah dan cepat. Untuk mendapatkan informasi bermanfaat dan menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi Orami Magazine di orami.co.id. 

0 komentar:

Pilihan