Ketika anda berniat menyewa rumah, tentu ada beberapa hal yang mesti dipenuhi dan dilaksanakan. Biasanya, berbagai macam hal tentang hak dan kewajiban akan dibahas sebelum sang penyewa melakukan tanda tangan kontrak sewa rumah. Pentingnya mengetahui hak dan kewajiban yang akan didapat penyewa bertujuan agar masing-masing pihak terhindari dari masalah yang mungkin saja timbul di masa depan. Apa bila anda tengah cari rumah disewakan, perbincangkan terlebih dahulu mengenai kesepatakan-kesepakatan dalam surat perjanjian. Adanya perjanjian dalam surat tersebut akan menjamin anda dari sekiap sewenang-wenang yang dapat dilakukan pemilih rumah. Sebagi penyewa yang cerdas, anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja hak dan kewajiban yang mestinya anda dapatkan. Berikut ini adalah hak dan kewajiban dasr yang anda miliki sebagai penyewa, pastikan beberapa hal tersebut ada dan tercantum di dalam kontrak sewa anda.

Yang pertama yaitu mengenai hak sewa. Ketika status anda adalah sang penyewa, maka anda akan langsung mendapatkan dua hak dasar. Kedua hak tersebut yaitu, yang pertama hak untuk menerima sewa unit yang telah disepakati. Pastikan dalam kontrak sewa bahwa anda berhak memakai properti tersebut dalam jangka waktu tertentu. Untuk masalah jangka waktu yang ditetapkannya pun tergantung dari kesepatakan sewa-menyewanya. Selama anda memakai hunian sewa tersebut, pemilik properti tidak diperkenankan untuk mengusir anda. Selain itu, pemilik properti juga tidak bisa menjual unit sewaan selama anda masih hak tinggal dalam properti tersebut. 

Untuk hak kedua yang akan didapat yaitu hak mendapatkan kenyamanan, ketentraman, dan kemanan selama tinggal dan menempati properti. Pastikan hak tersebut terncantum dalam surat perjanjian yang anda buat. Perlu diketahui, hak mengenai kenyamanan, ketentraman dan keamanan tinggal tersebut juga tercantum dalam kitab Undang-Undang Hukum Perdata Pasal 1550 poin ketiga, dengan bunyi “Memberikan hak kepada penyewa untuk menikmati barang yang disewakan dengan tentram selama berlangsung sewa”.

Adapun maksud kenyamanan yang didapat yaitu seperti kondisi properti yang baik. Selain itu, penyewa juga dapat melakukan protes apabila menemukan kerusakan unit sewa sebelum masa berlaku habis kepada sang pemilik. Pentingnya mengetahui hak sewa ketika anda tinggal di properti orang lain adalah agar anda tidak terganggu selama tinggal di unit tersebut. Pada banyak kasus yang lain, tidak sedikit orang-orang yang terintimidasi dari pemilik properti. Apabila anda dalam kondisi yang demikian, anda bisa menuntut sebab perilaku tersebut apabila telah menganggu ketentraman dan rasa aman sang penyewa properti. 

Selain hak, anda juga akan mendapatkan kewajiban. Sama halnya dengan hak yang anda dapat, kewajiban saat menyewa properti juga harus ditaati. Tanpa melaksanakan kewajiban, anda tidak akan bisa menuntut hak-hak anda secara leluasa. Salah satu kewajiban utama sang penyewa properti adalah membayar secara tepat waktu sesuai perjanjian. Jangan pernah berharap untuk bisa menggunakan unit sewa dan mendapatkan kenyamanan apabila anda tidka melakukan pembayaran dengan benar. Selain itu, kewajiban yang lain yaitu terkait penggunaan properti sewa yang sesuai dengan peruntukkannya. Jangan sampai mengubah fungsi dari suatu unit dalam area properti yang anda sewa. Contohnya ketika anda menyewa rumah yang di mana nanti akan digunakan sebagai toko. Tindakan tersebut tentu termasuk ke dalam pelanggaran. Sewa.

Kewajiban yang lain berupa kebersihan dan keamanan properti yang anda sewa. Ketika anda menyewa properti, pastikan anda menjaga kebersihan unit sewaan tersebut dengan benar. Dapat diartikan, keadaan properti tersebut akan mejadi tanggung jawab penyewa. Ingat setiap kerusakan yang terjadi, hal tersebut dikarenakan kerusakan tersebut akan menjadi tanggung jawab anda. Tanggungan yang dibebankan ke penyewa dikarenakan kewajiban untuk mengembalikan properti seperti sedia kala kepada pemilik saat masa sewa telah berakhir. Oleh sebab itu, jangan sembarangan menggunakan beragam fasilitas yang ada. Gunakan beragam fasilitas yang ada tersebut dengan bijak.

Dan kewajiban terakhir yang perlu diperhatikan sang penyewa adalah membayar tagihan-tagihan yang timbul dari aktivitas yang anda lakukan. Adapun yang dimaksud aktivitas yang anda lakukan yaitu waktu selama anda menempati unit tersebut. Beberapa biaya seperti penggunaan air, listik, hingga telepon tidak bisa anda limpahkan begitu saja kepada pemilik properti. Beberapa hal tersebut adaah kewajiban dari si penyewa. Oleh sebab itu, apabila selama anda tinggal anda terlalu sering menggunakan beragam peralatan elektronik, maka bisa dipastikan biaya sewa akan naik cukup besar. Pertimbangkan untuk menggunakan peralatan elektronik, dan kebutuhan penting yang lain ketika anda tinggal di properti milik orang lain. Hal tersebut akan bermanfaat dan membantu anda ketika sudah waktunya jatuh tempo pembayaran sewa rumah. Memahami hak dan kewajiban sebagai penyewa akan membuat anda terhindar dari rasa curiga dan masalah di lain hari. Oleh sebab itu, pastikan anda benar-benar tahu perihal dua hal tersebut. 

0 komentar:

Pilihan