Rabu, 19 Desember 2018

Perlu Diketahui Ini Beberapa Kesalahan Saat Membakar Ikan

Ikan bakar yang gurih enak jadi sajian utama pesta BBQ. Tetapi seringkali ikan justru hancur berantakan atau gosong sebelah. 

Mungkin ini sebabnya. Mungkin Anda pernah mengalami, ikan bakar yang akan Anda suguhkan buat pesta BBQ justru kurang sukses. Ikan matang tidak merata, gosong di salah satu sisinya dan yang paling parah, ikan berantakan terkupas daging dan kulitnya.

Terlihat mudah, padahal membakar ikan juga perlu trik khusus agar ikan mulus, kering merata, dagingnya lembut gurih dengan aroma yang sedap. Apalagi jika dicocol sambal yang pedas enak!

Bisa jadi Beberapa kesalahan ini berulangkali Anda lakukan saat membakar ikan sehingga hasilnya mengecewakan. Pelajari kesalahan ini agar nanti malam ikan bakar enak bisa jadi suguhan pesta BBQ Anda.

1. Ikan tidak segar 
Jika sudah memutuskan membuat ikan bakar untuk BBQ tahun baru, sediakan budget cukup untuk membeli ikan. Karena ikan segar di hari jelang tahun baru harganya melambung tinggi. 

Ikan yang kurang segar dijual dengan harga sedikit lebih murah. Kenali ciri-ciri ikan segar dan pilih dengan cermat. Karena jika ikan kurang segar bisa dipastikan dagingnya akan hancur saat dibakar. Meskipun sudah dibumbui lengkap dan banyak. Aromanya juga anyur. 
 Foto: Ari Saputra

2. Ukuran ikan terlalu kecil 
Ikan yang akan dibakar sebaiknya minimal beratnya 500 gram per ekor. Jika terlalu kecil ikan mudah hangus dan hancur. Seringkali orang membeli ikan tanpa memperhatikan ukurannya. 

Jika ikan cukup besar, bisa disayat salah satu sisi badannya dan dibuka melebar sehingga bisa matang merata. Hal ini sering dilakukan warung atau restoran seafood. 

3. Tidak memakai panggangan ikan 
Panggangan yang dipakai untuk membakar ikan seringkali berupa panggangan sate yang kecil memanjang. Padahal ukuran ikan lebar dan besar. Tentu saja ikan matang tak merata. Apalagi jika sering dibalik-balik, daging ikan jadi hancur. 

Gunakan panggangan ikan kawat yang lebar, bisa dilipat yang khusus untuk membakar ikan. Dengan panggangan ini Anda tak pelu membalik ikan, cukup panggangannya saja. 

4. Lupa mengolesi minyak 
Karena tak ada olesan lemak atau minyak biasanya kulit dan daging ikan lengket pada panggangan sehingga saat diangkat jadi berantakan dan rusak dagingnya. 

Sebaiknya gunakan bumbu olesan yang sudah dicampur minyak. Selain itu olesi panggangan dan badan ikan dengan sedikit minyak. Selain menambah rasa gurih juga mencegah kukit ikan lengket di panggangan.

5. Api terlalu besar 
Membakar ikan harus memakai api arang yang cukup panas. Tetapi perlu diingat bahwa daging ikan lebih cepat matang dibandingan daging sapi dan ayam. Api yang besar justru akan membuat ikan cepat hangus. Karenanya gunakan api arang yang sedang saja. Anda bisa mengontrol panaskan dengan medekatkan dan menjauhkan panggangan dari api arang atau atur bara api arang agar tidak cepat membesar.

0 komentar:

Posting Komentar