Pecinta seafood bisa menikmati ikan hingga cumi dengan cocolan sambal enak. Ada terasi, dabu-dabu hingga sambal kecap.

Indonesia memiliki ragam sambal yang banyak. Tapi tak semuanya cocok dipadu bersama dengan ikan bakar dan seafood. Sambal dengan tekstur manis, gurih dan pedas. 

Kelima jenis sambal ini juga cocok dipadu bersama dengan nasi hangat dan juga lalapan. Berikut ini beberapa jenis sambal enak yang pas untuk sajian ikan bakar dan seafood.

1. Sambal terasi
Perpaduan antara cabai, bawang merah, bawang putih, tomat dan terasi memang enak dipadu dengan ragam lauk. Tidak hanya ayam goreng, sambal terasi juga pas dinikmati bersama sajian ikan bakar.

Agar teksturnya halus dan rasanya enak, bawang putih serta bawang merah bisa direbus terlebih dahulu. Atau pilihan lainnya adalah menggoreng semua bahan dan kemudian dihaluskan.

Untuk mengeluarkan aroma terasi yang enak. Selain digoreng, terasi juga bisa dibakar terlebih dulu.

2. Dabu-dabu lilang
Sambal yang berasal dari Manado ini punya rasa yang segar dan pedas. Cara membuatnya juga sangat mudah, karena semua bahannya cukup diiris saja.

Untuk membuatnya iris kasar cabai rawit, tomat hijau dan bawang merah. Makin enak ditambahkan dengan garam dan perasan jeruk lemon cui atau air jeruk nipis. Baik ikan bertekstur lembut atau udang enak dinikmati dengan paduan dabu-dabu.

3. Sambal kecap
Sambal jenis ini jadi yang paling umum disajikan sebagai teman makan ikan bakar dan jenis seafood tertentu seperti cumi bakar dan udang bakar. 

Kecap dipadu dengan irisan cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan tomat. Selain diiris kecap juga bisa dipadu dengan bumbu dan sambal yang sudah dihaluskan. Diberi perasan jeruk limau makin enak.

4. Sambal korek
Bagi yang suka pedas, sambal korek bisa jadi pilihan. Sambal korek dibuat dengan campuran bawang putih dan rawit hijau yang diulek kasar kemudian disiram dengan minyak panas.

Sambal ini sangat nikmat dinikmati bersama dengan ikan bakar dan nasi. Dijamin keringat bercucuran!

5. Sambal matah
Sambal khas pulau Dewata ini dibuat dari bahan-bahan segar. cara membuatnya praktis dan cocok dinikmati dengan ikan bakar hingga ragam seafood bakar. Sambal matah dibuat dari cabai, bawang merah dan air jeruk yang dicampur menjadi satu. Tambahkan juga serai, daun jeruk serta sedikit terasi dan garam. Perpaduan yang segar cocok untuk dinikmati dengan ikan bakar dan nasi hangat.

6. Sambal lado mudo
Sambal lado mudo alias sambal cabai hijau ala Minang ini bisa jadi pelengkap makan ikan bakar. Hanya membutuhkan cabai hijau segar, daun jeruk, batang serai, bawang merah, bawang putih, jahe dan tomat hijau. Semua bahan digoreng dengan sedikit minyak kemudian dihaluskan.

Bisa juga dibuat versi mentah dengan bahan cabai hijau, bawang merah, bawang putih, tomat hijau, jeruk nipis dan minyak kelapa. Rasanya pedas dan pasti bikin Anda lahap makan nasi plus ikan bakarnya.

0 komentar:

Pilihan